PEMODELAN PERANGKAT LUNAK (PPL)

Konsep Pemodelan Perangkat Lunak

Pemodelan Perangkat Lunak adalah Disiplin ilmu untuk mempelajari bentuk-bentuk pemodelan perangkat lunak yang digunakan sebagai bagian dari tahapan pengembangan perangkat lunak secara terstruktur dan berorientasi objek.




Pemodelan dalam suatu rekayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal. Di dalam suatu rekayasa dalam perangkat lunak sebenarnya masih memungkinkan tanpa melakukan suatu pemodelan. Namun hal itu tidak dapat lagi dilakukan dalam suatu industri perangkat lunak. Pemodelan delam perangkat lunak merupakan suatu yang harus dikerjakan di bagian awal dari rekayasa, dan pemodelan ini akan mempengaruhi perkerjaan-pekerjaan dalam rekayasa perangkat lunak tersebut.

Menurut Grady Booch, James Rumbaugh dan Ivar Jacobson Prinsip dari Pemodelan adalah:

  1. Memilih model apa yang di gunakan, bagaimana masalahnya dan bagaimana juga dengan solusinya. 
  2. Setiap Model dapat dinyatakan dalam tingkatan yang berbeda 
  3. Model yang terbaik adalah yang berhubungan dengan realitas. 
  4. Tidak pernah ada model tunggal yang cukup baik, setiap system yang baik memilik serangkaian model kecil yang independen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UML - STATEMACHINE DIAGRAM : PENGERTIAN SIMBOL DAN CONTOHNYA

CSS : Cascading Style Sheets

Bootstrap: Pengertian, Kegunaan, Kelebihan, dan Kekurangannya