UML - STATEMACHINE DIAGRAM : PENGERTIAN SIMBOL DAN CONTOHNYA
Pengertian State Machine Diagram
Statemachine diagram adalah diagram UML yang memvisualisasikan sebuah transisi dan juga pergantian dari keadaan sebuah objek pada sistem.
Perilaku suatu entitas tidak hanya merupakan konsekuensi langsung dari inputnya, tetapi juga tergantung pada keadaan sebelumnya. Sejarah masa lalu suatu entitas dapat dimodelkan dengan baik oleh diagram mesin keadaan terbatas atau secara tradisional disebut automata. UML State Machine Diagram (atau kadang-kadang disebut sebagai state diagram, state machine atau state chart) menunjukkan status yang berbeda dari suatu entitas. Diagram mesin keadaan juga dapat menunjukkan bagaimana suatu entitas merespons berbagai peristiwa dengan mengubah dari satu keadaan kekeadaan lainnya. State machine diagram adalah diagram UML yang digunakan untuk memodelkan sifat dinamis dari suatu sistem.
Simbol State Machine Diagram
Berikut ini adalah simbol state diagram:
- State :
Digambarkan berbentuk segi empat dengan sudut membulat dan memiliki nama sesuai kondisinya saat itu. - Titik awal (start) :
Digunakan untuk menggambarkan awal dari kejadian dalam suatu diagram statechart - Titik akhir (end) :
Digunakan untuk menggambarkan akhir dari kejadian dalam suatu diagram statechart - Guard :
Merupakan syarat terjadinya transisi yang bersangkutan - Point / Event :
Suatu kejadian yang dapat membuat state dari object berubah digunakan untuk menggambarkan apakah akan masuk (entry point) ke dalam state atau akan keluar (exit point) - Event Transition :
Suatu kejadian yang dapat membuat state dari object berubah - Event Iteration :
Event berulang pada state yang sama
Komentar
Posting Komentar